Alternatif Matlab : GNU Octave versi 5.1 dirilis

GNU Octave, aplikasi open source alternatif Matlab yang dikembangkan dibawah payung proyek GNU telah merilis versi 5.10 dan sudah bisa diunduh. Versi mayor yang baru ini tampaknya mengembangkan kompatibilitasnya dengan Matlab serta menyertakan banyak fitur-fitur baru yang telah diperbaiki. Matlab memang lebih dikenal tetapi merupakan software komersial. Keduanya digunakan untuk mensolusikan permasalahan-permasalahan matematika, serta dapat menampilkan hasilnya secara grafis.

Core baru fungsi movfun menggunakan suatu fungsi untuk menggeser window secara teratur pada sebuah data set dan menjumlahkan hasilnya. Fungsi issymetric dan ishermitian kini dapat menerima opsi nonskew dan skew untuk mengkalkulasikan properti simetrik atau skew-simetrik dari suatu matrik.

Sistem plotting Octave kini mendukung resolusi HiDPI, membuat semakin mudah menggunakan perangkat lunak tersebut pada display Retina / HiDPI. Direkomendasikan juga menggunakan GUI Toolkit versi 5.x, meskipun GNU Octave masih mendukung penggunaan versi lama, yakni versi Qt 4.x yang sudah tidak dikembangkan lagi.

Printing Raster kini menggunakan metode OpenGL secara default, dan ada opsi print baru untuk PDF dan PostScript. Sebagai tambahan, pengguna kini dapat menggunakan library FFTW (Fastest Fourier Transform in the West) untuk kalkuasi FFT. Library OSMesa tidak lagi digunakan untuk rendering off-screen, sehingga kita perlu menggunakan kapabilitas interface off-screen yang dimiliki oleh Qt

Para pengembang telah menyusun daftar perubahan-perubahan penting yang dapat dibaca di Release Notes dan pada entri berita yang ada di GUI. Jika kita memasukkan perintah news di command line, informasi ini juga tampak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*