Motor Listrik dengan Modul Tenaga Surya seharga 25.000 Euro : Sion – mulai diproduksi

Startup yang berlokasi di Munchen, Jerman, Sono Motor telah menampilkan serangkaian desain mobil listrik mereka yang menggunakan modul tenaga surya. Pihak Sion menyebutkan bahwa ukuran mobil itu lebih besar, lebih panjang dan lebih lebar dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Versi produksi dari mobil lima pintu Solar Electric Vehicle (SEV) ini menambahkan ruang kaki dan interior. Suaut tambahan jendela belakang akan memberikan tampilan sekeliling yang lebih cantik. Bagian belakang sedikit gradual dan tiga dimensi, yang juga menggunakan lampu LED belakang..

Pihak Sono Motor sendiri sudah membuka pesanan untuk Sion, setelah beberapa detail mobil ini dirilis ke publik. Mereka mengatakan sudah menerima pesanan yang telah dibayar sebanyak 9.500 pesanan. Mobil ini dilepas ke pasaran dengan harga 25.500 Euro. Kapan Sion akan diproduksi dan dikirim ke pemesan, belum ada konfirmasi dari pihak Sono Motor.

Pengembang Sono melakukan hal yang menarik yakni mengintegrasikan modul tenaga surya ke seluruh badan mobil, sehingga menjadi “daya jual yang unik dari kendaraan ini”. Sel tenaga surya pada kap, fender, sisi, atap dan bagian belakang dipasang rata denga permukaan mobil. Perhitungannya panel surya tersebut dapat membangkitkan tenaga untuk menempuh tambahan 34 kilometer per hari maksimal.

Motor sinkronisasi 3 fase dikatakan memiliki tenaga maksimum 120 kW (163 tenaga kuda) dan mampu memberikan torsi sebesar 290 Nm. Batere memiliki kapasitas 25 kWh, sehingga diperkirakan dapat menempuh jarak 255 km menurut standar WLTP. Sion juga tidak hanya dirancang untuk dikendarai, tetapi juga dapat berfungsi sebagai “mobil power storage”, sehingga dia bisa menjadi sumber listrik untuk mobil listrik lainnya. (rezaervani)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*