Ragam Model NLP

Ragam Model NLP

Catatan Belajar Oleh : Reza Ervani bin Asmanu

Ragam Model NLP ini adalah bagian dari Artikel di Kategori Artificial Intelligence

Berikut ini adalah beberapa model NLP yang paling umum:

  • Model Bag-of-words: Ini adalah model NLP yang paling sederhana. Model ini mewakili teks sebagai kumpulan kata, di mana setiap kata menjadi fitur. Model bag-of-words tidak sangat akurat, tetapi sangat cepat.
  • Model N-gram: Model ini mewakili teks sebagai urutan n-gram, di mana n adalah bilangan bulat positif. Model N-gram lebih akurat dibandingkan model bag-of-words, tetapi juga lebih lambat.
  • Model Hidden Markov: Model ini mewakili teks sebagai urutan keadaan tersembunyi, di mana setiap keadaan terkait dengan distribusi probabilitas terhadap keadaan berikutnya. Model hidden Markov lebih akurat dibandingkan model N-gram, tetapi juga lebih kompleks.
  • Model Conditional random field: Model ini mirip dengan model hidden Markov, tetapi memungkinkan adanya hubungan yang lebih kompleks antara keadaan-keadaan tersebut. Model conditional random field lebih akurat dibandingkan model hidden Markov, tetapi juga lebih kompleks.
  • Model deep learning: Model ini merupakan jaringan saraf yang dilatih pada korpus teks yang besar. Model deep learning adalah model NLP yang paling akurat, tetapi juga yang paling kompleks.

Model NLP terbaik untuk suatu aplikasi tertentu akan tergantung pada persyaratan khusus dari aplikasi tersebut. Jika kecepatan penting, maka model sederhana seperti model bag-of-words mungkin menjadi pilihan terbaik. Jika akurasi penting, maka model kompleks seperti model deep learning mungkin menjadi pilihan terbaik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*