OpenAI menutup penjualan saham sebesar $300 juta pada valuasi sebesar $27 miliar – $29 miliar.

OpenAI menutup penjualan saham sebesar $300 juta pada valuasi sebesar $27 miliar – $29 miliar.

OpenAI, startup yang berada di balik model AI percakapan ChatGPT yang kini banyak digunakan, telah mendapatkan pendukung baru, seperti yang dilaporkan oleh TechCrunch.

Menurut dokumen yang dilaporkan oleh TechCrunch, perusahaan modal ventura (VC) termasuk Tiger Global, Sequoia Capital, Andreessen Horowitz, Thrive, dan K2 Global telah membeli saham baru. Sebuah sumber menyampaikan bahwa Founders Fund juga berinvestasi. Secara keseluruhan, para VC telah menginvestasikan lebih dari $300 juta pada valuasi $27 miliar – $29 miliar. Ini terpisah dari investasi besar dari Microsoft yang diumumkan awal tahun ini, menurut sumber tersebut kepada TechCrunch. Besaran investasi Microsoft diperkirakan sekitar $10 miliar, sebuah angka yang telah dikonfirmasikan dengan sumber-sumber yang lain.

Jika informasi ini akurat, hal tersebut merupakan penutupan dari penawaran tender yang dilaporkan Wall Street Journal sedang dalam proses semenjak bulan Januari lalu. Kami mendapatkan informasi yang valid bahwa pada saat itulah pembicaraan  tentang investasi ini dimulai, di tengah lonjakan minat terhadap OpenAI dan bisnisnya.

Kami telah menghubungi investor yang disebutkan di sini, serta OpenAI, untuk berkomentar dan akan memperbarui cerita ini saat kami memperoleh informasi lebih lanjut. OpenAI menolak berkomentar tentang pembelian saham tersebut, yang terpisah dari investasi Microsoft yang disepakati pada Januari lalu.

Investasi yang dilakkan oleh Microsoft memiliki sudut pandang strategis yang kuat – raksasa teknologi ini sedang bekerja untuk mengintegrasikan teknologi OpenAI di berbagai area bisnisnya – dimana para pemodal hadir sebagai pendukung keuangan mereka.

Dari yang kami pahami, term sheet telah ditandatangani oleh investor dan uang telah ditransfer; yang masih harus dilakukan adalah penandatanganan ulang dari pihak OpenAI. Rencananya, investasi ini akan diumumkan ke publik minggu depan.

Secara keseluruhan, investor luar kini memiliki lebih dari 30% saham di OpenAI, kata sumber tersebut.

OpenAI memiliki sekelompok tim teknis yang bekerja di berbagai area, tetapi area yang baru-baru ini menarik banyak perhatian adalah GPT, singkatan dari Generative Pre-trained Transformer, yang merupakan keluarga model bahasa besar OpenAI yang digunakan oleh pihak ketiga melalui API.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*