Dapatkah Anda Membunuh CoronaVirus dengan Sinar UV ?(1)

Artikel ini adalah seri ke [part not set] dari 3 dalam serial Dapatkah Anda Membunuh CoronaVirus dengan Sinar UV ?

Artikel Asli dari BBC Future : Can you kill coronavirus with UV light?

Alih Bahasa : Reza Ervani (reza@rumahilmu.or.id)

“Anda akan menjadi – dalam arti sesungguhnya – orang yang terpanggang”, demikian ujar Dan Arnold, sambil tertawa.

Arnold bekerja untuk UV Light Technology, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan disinfeksi peralatan untuk rumah sakit, perusahaan farmasi dan manufaktur makanan di berbagai penjuru Inggris.

Saat ini, kecemasan global terkait Covid-19 telah mencapai puncak yang luar biasa, mengakibatkan perusahaan tersebut juga mendapatkan berbagai macam permintaan yang tidak biasa.

“Kami pernah mendapatkan permintaan dari individu terkait peralatan yang kami sediakan, orang tersebut mengatakan : ‘Mengapa kita tidak menggunakan salah satu lampu ultraviolet yang anda miliki dan meletakkannya di pintu masuk supermarket, lalu orang-orang diminta berdiri beberapa saat disana sebelum mereka masuk ke dalam supermarket'”,demikian kisahnya.

Diantara saran “kesehatan” yang kini beredar di internet, adalah ide bahwa anda dapat melakukan disinfeksi kulit dan pakaian anda serta objek-objek lain dengan sinar ultraviolet, dan saran ini begitu populer. Di Thailand, seorang kolega telah melaporkan bahwa ada yang membangun sebuah lorong UV yang dapat dilewati oleh para pelajar untuk mendisinfeksi diri mereka.

Jadi, apakah cara tersebut adalah cara yang bagus untuk melindungi diri anda dari Covid-19 ? Apakah benar pula bahwa “coronavirus benci pada sinar matahari” dan akan membunuh virus tersebut ? Serta berbagai klaim lainnya di media sosial.

Jawaban singkatnya : TIDAK. Berikut ini alasannya

 

Navigasi Serial

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*