Linux 5.0 dirilis

Linux Torvalds telah merilis Kernel LINUX 5.0 pada awal minggu pertama Maret ini. Perubahan pada versi ini lebih sedikit dari biasanya, tetapi juga menyertakan banyak fitur-fitur baru serta driver-driver baru dan dikembangkan secara signifikan.

Beberapa hal tentang kernel ini yang kami kompilasi dari berbagai sumber adalah sebagai berikut :

  • Inovasi yang paling tampak dari versi Linux ini adalah lompatan dari versi 4.20 ke 5.0. Tetapi ini tidak punya makna khusus. Tidak menunjukkan adanya perubahan signifikan dibadingkan versi sebelumnya
  • Terdapat optimasi LINUX dalam pengiriman Paket UDP dan pemrosesan jaringan menggunakan XDP (Express Data Path)
  • Linux kini dapat mengirim data ke area memori via UDP lewat jaringan tanpa harus terlebih dahulu menduplikasinya ke memori utama.
  • Linux 5.0 menambahkan dukungan untuk seluruh jenis single-board computer (SBC) yang lain, serta System-on-aChips (SoCs) yang menggunakannya.
  • Pengembang tentang menambahkan dukungan hardware yang banyak dengan menintegrasikan driver-driver baru serta mengembangkan ratusan driver yang ada sebelumnya. Kernel ini sekarang mendukung tampilan 7 inchi untuk Raspberry Pi yang dijual oleh raspberrypi.org
  • Beberapa perubahan dan tambahan seperti Adiantum File System Encryption untuk perangkat dengan tenaga renda, AMDGPU FreeSync, BRTFS Swap File dll.

Seperti biasa anda dapat mengunduh kernel ini di kernel.org

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*