81.000 domain .EU dibekukan di Inggris

Setelah memberikan beberapa peringatan dan pemberitahuan, diberitakan oleh The Register, bahwa lebih dari 81.000 domain .EU yang dimiliki oleh pelanggan dari Inggris kini dibekukan dan tidak dapat lagi diakses (status : Suspended)

Pada pertengahan pertama 2020, perusahaan registry yang bertanggung jawab untuk pendaftaran domain .eu yakni perusahaan Belgia EURid, memberikan peringatan reguler terkait beberapa domain yang terpengaruh kebijakan Brexit . Meskipun beberapa kali hal tersebut tertunda dikarenakan ada beberapa negosiasi rumit.

Pemberitahuan terakhir terkait Brexit dari EURid pada bulan November 2020 lalu memberikan spesifikasi terkait kondisi yang harus dipenuhi jika warga negara atau perusahaan Inggris ingin meneruskan penggunaan domain .eu mereka setelah periode transisi Brexit selesai dilakukan.

Peraturan legal Uni Eropa mensyaratkan bahwa mereka yang memiliki hak menggunakan domain .eu adalah yang bisa membuktikan bahwa mereka adalah warga dari negara anggota Uni Eropa berdasarkan domisili tempat tinggal mereka.

Sekitar 81,000 domain dari 300,000 domain yang terdampak diberikan waktu tiga bulan untuk memberikan bukti legal yang dapat membuat domain mereka diaktifkan kembali. Pada tanggal 1 April 2021, EURid akan menginformasikan kepada seluruh pelanggan dan registrar mereka dari Inggris bahwa domain mereka tidak lagi memenuhi framework peraturan .eu dan mengubah status domain tersebut menjadi WITHDRAWN (ditarik kembali).

Per tanggal 1 Januari 2022, domain-domain tersebut akan tersedia untuk didaftarkan oleh pihak lain. (alih bahasa : reza@rumahilmu.or.id)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*