Mempertanyakan Cyronium

Kalau anda bicara tentang cyrptocurrency, maka anda akan bicara tentang blockchain.

Ini adalah video yang paling mudah dipahami terkait teknologi blockchain.

Sebagai informasi, Facebook baru berencana memulai platform cryptocurrency mereka, Libra tahun ini. Dalam sebuah informasi yang bocor ke Wall Street Journal 13 Juni 2019 lalu, perusahaan-perusahaan besar seperti Visa, Mastercard, PayPal dan Uber direncanakan berinvestasi masing-masing 10 Juta US Dollar pada platform Libra ini. David Marcus, yang selama ini mengomandoi Messenger App, ditugaskan untuk memimpin tim guna mengekplorasi teknologi blockchain yang akan digunakan fesbuk nanti.

Sekarang saya tanya kepada siapa saja yang katanya sering berinteraksi dengan Mardigu. Teknologi blockchain seperti apa yang dia gadang-gadangkan digunakan pada cyronium, termasuk perbedaan utama dengan pemain-pemain yang ada saat ini seperti bitcoin dan Ethereum. (Salah satu perbedaan keduanya misalnya : Bitcoin menggunakan metode “Proof of Work” sementara Ethereum berencana bergeser ke “Proof of Stake”, Bitcoin menerapkan transaction fee, sementara Ethereum menerapkan task fee yang mereka sebut “Gas”)

Dalam website cyronium dot com, yang NS-nya masih mengarah ke santara dot xyz (yang bisa anda temukan juga bahwa sanara ini terkait dengan Mardigu), saya sama sekali tidak menemukan term “cryptocurrency” itu disebut. Isinya hanya seputar komunitas UKM, komunitas yang sering dipakai banyak orang untuk “jualan berbagai agenda”.

Jawaban yang saya nantikan bukan jawaban retoris, seperti yang anda bisa temukan secara bombastis di berbagai media. Cukup penjelasan terkait implementasi teknologinya.

Satu lagi kejanggalan yang saya temukan, adalah semua artikel di Wikipedia terkait Cyronium dihapus dengan alasan tidak validnya informasi, sama halnya dengan dihapusnya profil Mardigu dari Wikipedia.

Silahkan, saya nantikan klarifikasinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*