5 (lima) Syarat yang Harus Dipenuhi Sebelum Melonggarkan #stayathome Menurut Pakar (1)

Artikel ini adalah seri ke 1 dari 2 dalam serial 5 Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Melonggarkan #stayathome

Artikel Asli : FOXNews – Johns Hopkins doctor identifies ‘5 major conditions’ for relaxing social distancing

Alih Bahasa : Reza Ervani (reza@rumahilmu.or.id)

Dr. Thomas Inglesby, Direktur John Hopkins Center for Health Security, memperingatkan bahwa Amerika Serikat masihlah “dalam masa awal” serangan coronavirus dan menggaris bawahi ada lima kondisi yang haruslah dipenuhi sebelum negara mempertimbangkan melonggarkan penerapan social distancing

Inglesby menekankan bahwa masih banyak informasi penting yang belum diketahui, yang membuat kapan hal itu bisa dilakukan menjadi sulit untuk diprediksi. Tapi dia menekankan kebutuhan akan jumlah tenaga medis profesional yang besar dan adanya tanda bahwa kasus yang ada mulai sangat sedikit setidaknya pada sebagian wilayah negara sebelum kehidupan kembali ke keadaan normal.

Saat kita melihat sebuah negara bagian atau wilayah tertentu memiliki jumlah kasus yang menurun secara konsisten sepanjang waktu, ketika kita sudah mempunyai diagnosa yang tepat, ketika kita sudah memiliki ketersediaan masker untuk semua dokter dan perawat yang mempertaruhkan nyawa mereka untuk merawat pasien yang sakit, ketika rumah-rumah sakit sudah siap dengan sempurna dan ketika sistem kesehatan publik kita sudah berada di jalur yang tepat untuk menjejaki dan mengidentifikasi individu dan awal kontak mereka, seperti yang sudah dilakukan di Asia – saya rasa lima kondisi utama inilah – yang saya pikir harus dipenuhi sebelum kita mempertimbangkan untuk mencoba melonggarkan penerapan social distancing, mungkin tahap per tahap.

Berdasarkan apa yang terjadi di tempat lain, Inglesby mengatakan bahwa Amerika Serikat barulah bisa memahami dengan baik kondisi yang ada saat ini dalam dua minggu ke depan.

“Pada titik tersebut, saya rasa kita dapat mulai melihat kondisi apakah aman untuk memulai pelonggaran penerapan social distancing. Tapi kalau belum, maka tidak bisa”

Walaupun demikian, meskipun nanti ada informasi yang lebih banyak tersedia terkait wabah ini, Inglesby menekankan kebutuhan penerapan social distancing, karena dia yakin bahwa serangan ini masihlah berada dalam tahap-tahap awal.

Bersambung ke Bagian 2

Navigasi SerialBerikutnya >>

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*