Browser Tor untuk Android – App Official Pertama dirilis di Playstore

Berita gembira bagi para pengguna yang berfokus pada privasi dirinya saat berinternet.

Browser Tor, browser paling populer dalam urusan privasi, akhirnya dirilis versi beta-nya untuk Android, dan versi stabilnya yang pertama kini telah tersedia di Playstore untuk diunduh.

Tor Project mengumumkan pada Selasa ini, rilis pertama versi stabilnya, Tor Browser 8.5, yang dapat anda unduh secara BEBAS di perangkat Mobile anda dari Google PlayStore.

Browser Tor kebanyakan digunakan oleh mereka yang berfokus pada masalah privasi, aktivis, jurnalis hingga gang kriminal cyber untuk menghindari monitoring pemerintah. Browser ini memungkinkan seorang pengguna berselancar di Internet secara anonymous (tak dikenal), dengan menyembunyikan alamat IP dan identitas mereka, melalui sebuah jaringan server-server terenskripsi yang memindahkan permintaan web mereka melalui beberapa link perantara di sekeliling dunia.

Sebelumnya, jaringan anonim Tor tersedia di Sistem Operasi Mobile hanya melalui aplikasi pihak ketiga seperti  Orbot/Orfox tetapi kini kita dapat menggunakan aplikasi resminya. Browser Tor Mobile sendiri dibangun diatas aplikasi Firefox untuk perangkat Mobile.

Versi Alpha pertama Browser Tor dirlis oleh Project Tor pada September tahun lalu, dan semenjak itu, para pengembang bekerja keras untuk bisa menyediakan proteksi yang sama seperti yang mereka berikan pada varian desktop untuk aplikasi yang sama.

“Mobile browsing terus meningkat di seluruh dunia, dan di beberapa hal, itu menjadi satu-satu cara umum orang dalam mengakses internet. Demikian ditulis oleh Project Tor dalam sebuah posting blog. “Di wilayah yang sama, seringkali ada pengawasan dan sensor online, sehingga kami memberikan prioritas untuk bisa melayani pengguna-pengguna ini”

Berdasarkan informasi dari pengembang Project Tor, Browser Tor untuk Android belumlah selengkap versi desktop, tetapi kita dapat menemukan fitur-fitur keamanan seperti no proxy bypass, mengaktifkan isolasi pihak-pertama untuk memblok traking/penjejakan lintas situs dan sistem pertahanan lain anti-fingerprinting.

“Mesikpun masih ada beberapa perbedaan antara fitur versi desktop dan Android, kami yakin bahwa Browser Tor untuk Android dapat menyediakan proteksi yang sama seperti yang dapat ditemukan dalam versi desktop”, demikian diungkapkan oleh Tor Project.

Pada area notifikasi perangkat Android anda, Browser Tor akan memberikan tombol “New Identity” yang dapat dengan cepat memberikan catatan jaringan Tor anda, dengan berbagai cache dan informasi lain, tanpa harus membuka ulang aplikasi tersebut atau merestart jaringan Tor Onion.

Selain merilis versi Android, Project Tor juga mengumumkan rilis beberapa fitur baru pada versi Browser Tor terkini, seperti tambahan tab, logo yang barus serta perbaikan antarmuka pengguna.

Perusahaan tersebut juga mengatakan bahwa mereka akan tetap tidak mengembangkan aplikasi yang sama untuk platform iOS, dikarena Apple masih melarang aplikasi browser pihak ketigas dan memaksa pengembang browser menggunakan engine milik Apple. (opensource.rezaervani.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*