Tanya 152 : Cara membuat Website di Linux

Tanya :
Mas Reza, maaf kalau pertanyaannya Newbie habis. Bagaimana sih bikin website di Linux ?
Jawab :
Sebenarnya saat ini sudah sangat mudah membuat website, karena ada yang kita kenal dengan nama Content Management System (CMS). CMS ini memudahkan orang yang tidak mengerti bahasa pemrorgaman web untuk bisa punya website dengan cepat.
Ada banyak sekali CMS Open Source, misalnya :

Contoh halaman website dengan CMS WordPress

Di Linux anda bisa mempraktekkan pembuatan website itu secara lokal.
Pertama, siapkan terlebih dahulu webserver lengkap dengan database server di komputer Linux anda. Jika anda menggunkaan Ubuntu, lihat disini caranya : http://tanyarezaervani.wordpress.com/2011/04/28/tanya-126-review-instalasi-apache-php-dan-mysql-di-ubuntu/
Lalu Download masing-masing perangkat lunak CMS tersebut di alamat website masing-masing. Simpan di folder /var/www yang berfungsi sebagai direktori publik di Linux anda. Buka browser kesayangan anda (Firefox atau Chromium misalnya). Lalu ikuti langkah-langkah instalasi yang biasanya langsung ada di setiap awal halaman instalasi.
Cara lain membuat website adalah dengan perangkat lunak bantu. Mulai dari yang sederhana seperti Kompozer, hingga yang lengkap seperti Maqetta-nya IBM. Ada juga yang suka menggunakan lingkungan IDE untuk mengembangkan website yang lebih canggih. Netbeans mungkin bisa anda coba untuk itu.
Kebutuhan website setiap orang berbeda-beda, sehingga perangkat yang digunakan juga bisa berbeda-beda.
Tetaplah belajar. (rezaervani@gmail.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*