Tanya 12 : WEP

Tanya :
Saya ingin tahu tentang WEP yang muncul setiap kali saya ingin melakukan koneksi ke hotspot. Mohon kesediaannya berbagi ilmu ya …
Terima kasih
Jawab :
Terima kasih kembali.
Wired Equivalent Privacy (WEP) adalah algoritma security untuk jaringan wireless IEEE 802.11. Dikenalkan sebagai bagian dari standar awal 802.11 yang diratifikasi pada September 1999, tujuannya adalah untuk menyediakan data secara rahasia pada jaringan kabel tradisional. WEP dipergunakan secara luas dan seringkali menjadi pilihan keamanan pertama yang digunakan dalam perangkat konfigurasi router.
WEP dimasukkan sebagai sistem kerahasiaan dalam IEEE 802.11 yang diratifikasi pada September 1999.
WEP menggunakan stream chiper RC4 untuk sistem kerahasiaan dan checksum CRC-32 untuk sistem integritas. Sudah ditinggalkan sebagai mekanisme kerahasiaan wireless pada 2004, tetapi untuk tujuan pewarisan masih tetap didokumentasikan dalam standar yang ada saat ini.
WEP Standar 64 bit menggunakan kunci 40 bit (juga dikenal dengan istilah WEP-40) yang digabungkan dengan suatu vektor inisialisasi (IV) 24 bit untuk membentuk kunci traffic RC4. Pada saat Standar WEP dirancang, pemerintah Amerika Serikat menambahkan sistem restriksi pada teknologi kriptografi untuk membatasi ukuran kuncinya. Setelah restriksi ditanggalkan, semua produsen kemudian mengimplementasikan suatu tambahan protokol WEP 128 bit menggunakan kunci 104 bit (WEP-104)
Sebuah kunci WEP 128 bit hampir selalu dimasukkan oleh pengguna dalam bentuk 26 string karakter heksadesimal (0-9 dan A-F). Masing-masing karakter merepresentasikan empat bit kunci, 26 digit dikali 4 bit menjadi 104 bit, lalu ditambahkan 24 bit Vektor Inisialisasi menghasilkan total kunci WEP 128 bit.
Sistem WEP 256 bit tersedia dari beberapa vendor, dan sebagaimana sistem kunci 128 bit, 24 bit diperoleh dari Vektor Inisialisasi, dan sisanya 232 bit diperoleh dari 58 karakter heksadesimal (58 x 4 = 232).
Ukuran kunci tidaklah merupakan satu-satunya hal penting dalam pembatasan keamanan dalam WEP. Melakukan cracking pada suatu kunci yang lebih panjang membutuhkan intersepsi paket yang lebih banyak, tetapi ada serangan yang bersifat aktif yang mampu mestimulasi traffic yang diperlukan. Kelemahan lain WEP, yakni kemungkinan melakukan kolisi pada Vektor Inisialisasi dan altered paket, yang tidak dapat dibantu dengan kunci yang lebih panjang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*