Tanya 140 : Mengenal Swap Lebih Dekat (5/5) – Parameter Swappiness di Kernel Linux

Tanya :

Apakah parameter swappiness di kernel itu ?

Jawab :

Kernel Linux 2.6 menambahkan parameter baru yang disebut swappiness sehingga admin bisa melakukan tweak pada swap Linux. swappiness memiliki nilai antara 0 sampai dengan 100. Intinya, semakin tinggi nilai yang diberikan semakin banyak halaman yang diswap, dan semakin rendah nilai yang diberikan maka semakin banyak aplikasi yang dibiarkan berada di memori, bahkan meskipun dalam keadaan idle.

Maintainer Kernel, Andrew Morton mengatakan, bahwa ia menjalankan desktopnya dengan swappiness bernilai 100. Ia menyatakan “Yang ingin saya tekankan adalah bahwa menurunkan kemampuan kernel untuk melakukan swap adalah hal yang salah. Anda tentu tidak ingin aplikasi yang tidak terpakai menghabiskan ratusan mega byte ruang di memori anda. Singkirkan itu ke dalam hard disk, sehingga memori fisik bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat”.

Satu kelemahan dari ide Morton adalah, bahwa jika memori diswap keluar terlalu cepat maka respon aplikasi akan menjadi lambat, karena ketika jendela aplikasi diklik, maka sistem harus menswap aplikasi kembali ke memori, yang membuatnya menjadi terasa lambat.

Nilai bawaan dari swappines adalah 60. Anda dapat merubah nilai tersebut secara temporer (sampai booting anda selanjutnya) dengan mengetikkan dalam mode root :

echo 50 > /proc/sys/vm/swappiness

Jika anda ingin mengubahnya secara permanen, maka anda harus merubah parameter vm.swappiness di file /etc/sysctl.conf

Demikian 5 tulisan tentang swap. Semoga bermanfaat.

Sumber : Diolah dari Beragam Sumber

Rangkaian Tulisan Lainnya :

.

Klik Disini untuk Info Lebih Lanjut

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*